Pengolahan Air Limbah: Memahami Waste Water Treatment Plant dan Limbah Sludge yang Dihasilkan

14 Oct 2024Pengolahan Air Limbah: Memahami Waste Water Treatment Plant dan Limbah Sludge yang Dihasilkan

Limbah sludge adalah suatu jenis limbah dari aktivitas produksi yang memiliki bentuk seperti lumpur atau endapan suspensi limbah cair dan mikroorganisme. Limbah sludge merupakan hasil dari pengolahan air limbah menggunakan Waste Water Treatment Plant (WWTP) atau yang juga dikenal sebagai Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).


WWTP atau IPAL merupakan fasilitas atau sistem yang dirancang khusus untuk mengolah dan membersihkan air limbah atau air buangan yang dihasilkan dari proses produksi. Maka dari itu, limbah sludge yang dihasilkan dari proses ini diberi sebutan limbah sludge IPAL.


Proses pengolahan air limbah menggunakan Waste Water Treatment Plant (WWTP) diawali dengan pengumpulan air limbah dari sumbernya. Proses selanjutnya adalah menghilangkan kandungan air yang dilakukan dengan pemadatan mekanis, pengeringan, atau penggunaan bahan pengikat. Setelah itu, limbah masuk ke proses stabilisasi untuk mengurangi keasaman dan meningkatkan stabilitas kimia lumpur sehingga mengurangi potensi pelepasan kontaminan ke lingkungan.


Setelah melalui proses tersebut, air limbah akan mengalami pengurangan volume air melalui proses pengeringan atau pemadatan, sehingga menyisakan lumpur atau endapan. Lumpur yang telah diolah dapat dibuang ke tempat pembuangan akhir ataupun dimanfaatkan kembali.


Beberapa industri yang menghasilkan limbah berupa sludge IPAL diantaranya adalah industri tekstil, industri kertas (pulp and paper), industri karet, hingga industri kayu. Limbah sludge IPAL yang dihasilkan oleh industri-industri tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar alternatif berupa briket, pupuk organik, bahan substitusi pembuatan bata beton, dan lain sebagainya.


Tertarik mempelajari tentang pengelolaan air limbah menggunakan Waste Water Treatment Plant (WWTP)? Tenang! Pituku mengadakan WEBINAR GRATIS yang akan membahas secara lengkap mengenai Waste Water Treatment Plant.



Unduh aplikasi PitukuWM di Playstore atau Appstore untuk mendaftarkan diri Anda! Jika menemui kendala dalam proses pendaftaran, Anda dapat menghubungi kami disini.



Pituku juga menerima pengelolaan limbah sludge untuk berbagai industri Anda! Klik disini untuk dapatkan penawarannya!




Bagikan ke

Tentang Kami

Pituku adalah perusahaan pengelolaan limbah berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, yang memiliki izin menangani lebih dari 200 kategori limbah berbahaya dan tidak berbahaya.

Artikel Terbaru