Mengenali Simbol Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

07 Oct 2024Mengenali Simbol Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Limbah B3 memiliki berbagai karakteristik yang membedakannya satu sama lain. Masing-masing karakter dari limbah B3 membutuhkan penanganan yang berbeda sehingga tidak membahayakan baik bagi para pekerja di sektor limbah B3, masyarakat luas, dan lingkungan.


Pemberian tanda simbol bagi limbah B3 menjadi faktor penting terkait dengan keamanan pada proses pengelolaan limbah. Penandaan ini bertujuan untuk memberikan identitas pada limbah B3 agar mudah dikenali.


Berikut simbol-simbol limbah B3 sesuai dengan karakteristiknya:


1.) Limbah B3 Mudah Meledak

Limbah B3 mudah meledak ditandai dengan gambar limbah berwarna hitam yang meledak. Simbol ini mengindikasikan bahwa jenis limbah B3 ini dapat meledak dan berpotensi menyebabkan kebakaran jika mendapat reaksi kimia atau fisika.


2.) Limbah B3 Mudah Menyala

Limbah B3 mudah menyala digambarkan dengan dua jenis simbol sesuai dengan karakteristiknya, yaitu cairan mudah menyala dan padatan mudah menyala. Kedua simbol ditandai dengan gambar lidah api yang menyala pada suatu permukaan, namun diberikan warna dan keterangan tulisan yang berbeda di setiap simbolnya.


a. Cairan Mudah Menyala

Simbol ini menunjukkan bahwa jenis limbah B3 ini adalah cairan yang mudah mengalami kenaikan suhu, mudah terbakar, dan berbahaya jika mendapat kontak dengan api, air, atau dalam kondisi lembab. Untuk limbah B3 berupa cairan mudah menyala disimbolkan dengan lidah api yang menyala dengan warna putih.


b. Padatan Mudah Menyala

Simbol ini menunjukkan bahwa jenis limbah B3 ini adalah padatan yang mudah mengalami kenaikan suhu, mudah terbakar, dan berbahaya jika mendapat kontak dengan api, air, atau dalam kondisi lembab. Untuk limbah B3 berupa cairan mudah menyala disimbolkan dengan lidah api yang menyala dengan warna hitam.


3.) Limbah B3 Reaktif

Limbah B3 reaktif ditandai dengan gambar lingkaran dengan asap berwarna hitam mengarah ke atas yang terletak di atas permukaan garis. Simbol ini menunjukkan bahwa jenis limbah B3 ini dapat melepaskan panas dan memicu api saat berinteraksi dengan bahan kimia.


4.) Limbah B3 Beracun

Limbah B3 beracun ditandai dengan gambar tengkorak dan tulang bersilang berwarna putih. Simbol ini mengindikasikan bahwa jenis limbah B3 ini dapat menyebabkan penyakit, keracunan hingga masalah serius lainnya bagi manusia.


5.) Limbah B3 Korosif

Limbah B3 korosif ditandai dengan gambar tetesan limbah yang merusak pelat bahan berwarna hitam, serta gambar telapak tangan yang terkena tetesan limbah B3 korosif. Simbol ini mengindikasikan bahwa jenis limbah B3 ini dapat menyebabkan iritasi berupa kulit terbakar dan menyebabkan karat pada lempengan baja.


6.) Limbah B3 Infeksius

Limbah B3 infeksius ditandai dengan gambar infeksius berwarna hitam. Simbol ini menunjukkan bahwa jenis limbah B3 ini mengandung virus atau zat infeksius yang berasal dari tubuh akibat prosedur medis.


7.) Limbah B3 Berbahaya Terhadap Perairan

Limbah B3 berbahaya terhadap perairan ditandai dengan gambar pohon berwarna hitam, ikan berwarna putih, dan tumpahan limbah B3 berwarna hitam. Di bawahnya terdapat tulisan berupa “BERBAHAYA TERHADAP LINGKUNGAN”. Simbol ini menunjukkan bahwa jenis limbah B3 ini dapat menyebabkan kematian pada organisme akuatik hingga merusak lapisan ozon.


Dengan mengetahui simbol dan karakteristik dari setiap limbah B3, diharapkan kita dapat lebih bijak dalam mengelola limbah B3 sesuai dengan jenisnya. Urus limbah B3 yang aman dan bebas dari resiko hanya di Pituku. Hubungi sekarang!

Bagikan ke

Tentang Kami

Pituku adalah perusahaan pengelolaan limbah berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, yang memiliki izin menangani lebih dari 200 kategori limbah berbahaya dan tidak berbahaya.

Artikel Terbaru